Universitas Indonesia

Posted on Posted in Uncategorized

Kali ini Bimbel Lavender mau berbagi mengenai Universitas Indonesia (UI). Mulai dari lokasi UI itu dimana? UI itu bagus ngga sih? sampai, Bagaimana caranya masuk UI?

UI merupakan salah satu PTN terbaik yang ada di Indonesia. Kampus UI untuk mahasiswa sarjana S1 terletak di Kota Depok, dekat perbatasan antara provinsi Jawa Barat dan DKI Jakarta. Luasnya mencapai 320 hektar. Luas banget kan? Ditambah lagi UI punya perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara dengan desain bangunannya yang unik.

Bimbel Masuk UI
UI Wood
Bimbel Masuk UI
Gedung Rektorat dan Perpustakaan UI

Kalo ada yang nanya UI itu bagus ngga sih? Jelas UI itu bagus karena banyak lulusan-lulusan dari UI yang berhasil menjadi orang yang sukses. Dari segi ranking universitas, UI selalu masuk ke dalam top 5 besar Universitas terbaik di Indonesia (menurut banyak versi).

Bagaimana sih caranya masuk UI? Sebenarnya untuk masuk UI gampang, gratis pula cukup jalan kaki atau naik motor, kalo naik mobil bayar 2000 (hehe just kidding).
Kalo pertanyaannya diubah, Bagaimana sih jadi mahasiswa UI (S1)? (nah ini yang bener).
Cara jadi mahasiswa UI hanya ada 1 cara, yaitu dengan lolos ujian masuk UI. Ada beberapa jalur untuk masuk UI. Pada tahun 2014, ada 5 jalur masuk UI, yaitu SNMPTN, PPKB, Talent Scouting, SBMPTN, dan SIMAK UI. Jalur SNMPTN, PPKB, dan Talent Scouting merupakan jalur tanpa tes. Sedangkan SBMPTN dan SIMAK UI merupakan jalur dengan tes tertulis. Soal-soal ujian masuk PTN terutama UI beda dengan soal Ujian Nasional atau ujian-ujian lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan yang lebih untuk mengenal lebih lanjut seperti apa soal-soal masuk PTN. Kalau kalian masih belum terbiasa dengan soal ujian PTN, kalian disarankan untuk ikut bimbingan belajar (bimbel). Lavender menyediakan sarana tersebut, kami menyediakan bimbel untuk beberapa program., yaitu bimbel untuk alumni (SPRINT), bimbel reguler (FIVESTAR), dan bimbel karantina. Tujuan ketiga jenis program tersebut sama saja, yaitu untuk masuk UI atau masuk PTN lainnya. Oleh karena itu, Bimbel Lavender punya sebutan lain yaitu Bimbel Masuk UI atau Bimbel Masuk PTN, sesuai dengan tujuannya.

Lavender punya tips buat kalian yang ingin mengerjakan ujian masuk UI atau ujian masuk PTN lainnya.

Pertama, jangan asal menebak jawaban

Berbeda dengan sistem pilihan ganda pada umumnya, dalam ujian tulis SBMPTN atau SIMAK UI, setiap jawaban salah akan dikurangi satu poin. Dengan demikian, para peserta tidak boleh asal menjawab. Jawablah soal ketika Anda benar-benar yakin atas pilihan tersebut. Jika tidak yakin, lebih baik dikosongkan saja, tidak perlu dipaksa untuk diisi.

Kedua, kerjakan soal mudah terlebih dahulu

Secara psikologis, saat mengerjakan soal yang sulit terlebih dahulu akan menguras pikiran dan tenaga kita sehingga membuat kesulitan untuk memaksimalkan pengerjaan dengan baik. Soal itu akan membuat kita terpaku dari soal-soal lainnya. Padahal sebenarnya ada soal lain yang kita kuasai tapi harus terlewatkan karena terlanjur terpaku pada soal sulit tersebut.

Ketiga, perhatikan alokasi waktu

Alokasi waktu yang dimaksud adalah batas waktu yang disediakan untuk menjawab soal-soal tersebut. Oleh karena itu, kita harus memperhitungkan waktu yang harus dihabiskan untuk menjawab setiap soal. Hal ini bisa dilatih. Caranya, setiap melakukan latihan soal, gunakan batas waktu sesuai dengan waktu ujian dan patuhi batas waktu tersebut. Dengan terus-menerus berlatih maka Anda akan terbiasa ketika hari H.

Nah itu dia tips dan cerita tentang UI dari kami. Terima kasih telah membaca artikel Bimbel Masuk UI. Silahkan baca artikel bermanfaat lainnya dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *