Tips LavenderUncategorized

Tips SNMPTN Undangan 2016

Logo SNMPTN (sumber: populer.web.id)

Dari tahun ke tahun Bimbel Lavender selalu memberikan Tips Memilih SNMPTN Undangan. Untuk tahun ini kami kembali memberikan beberapa tambahan informasi mengenai tips ini untuk kalian semua kelas 3 SMA di Indonesia, berdasarkan materi seminar “Menjadi Mahasiswa Baru UI”, yang diisi oleh Galih Pandekar, M.S.M., Quality Asurance FEB UI.

Tips Memilih SNMPTN UNDANGAN 2015 ini dirangkum dari twitter @bimbellavender ini langsung dari Dosen Universitas Indonesia lho, yang juga mengelola Bimbel Lavender. Buat kamu yang akan mengikuti salah satu jalur masuk PTN, yaitu SNMPTN 2015, silahkan menggunakan tips berikut ini.

1. Perhatikan posisi kamu di sekolah; jika kamu peringkat 10 di sekolah jgn buat pilihan yang sama dengan siswa yang ranking 1 di sekolah. Karena satu program studi SNMPTN Undangan biasanya hanya menerima 1 siswa saja dari sekolah kamu. 2. Perhatikan track record alumni, ada ngga alumni di jurusan dan PTN yg kamu tuju, jika ada dan track recordnya bagus, maka akan memudahkan. 3. Nilai UN akan diperhatikan oleh PTN; Oleh sebab itu nilai UN yang baik sangat diperlukan untuk masuk PTN melalui jalur SNMPTN. 4. Pilih jurusan yg kamu idamkan di pilihan yang pertama, jangan kedua apalagi ketiga. 5. Universitas Favorit gamau dipilih yang kedua. maka pilihlah PTN-PTN favorit di pilihan pertama. 6. Pilih Jurusan yang serumpun dengan jurusan, EX : IPA pilih ya Jurusan rumpun IPA, jangan crossing. 7. Pastikan pilih jurusan yg sesuai minat, jangan ngasal, pahami dulu jurusan, karena kalo keterima harus di ambil / di blacklist sekolahnya. 8. Anak SMK, ambil jurusan yg sesuai sama jurusan SMK,krn akan jadi nilai + & pertimbangan, ex: Akun di smk, pilih Akun di universitas. 9. Hati-hati pas ngisi form pendaftaran snmptn undangan. Jangan sampe salah ngeklik/koneksi jelek. 10. Setelah kalian isi SNMPTN, udah lupain dulu jauh jauh, jangan terlalu dipikirkan dan jangan terlalu yakin kalau Anda pasti diterima. Takutnya malah membuat persiapan Anda dalam mengikuti SBMPTN terganggu karena jeda pengumuman SNMPTN dan tanggal ujian tulis SBMPTN itu tidak lama. Jadi lebih baik waktu Anda digunakan untuk mempersiapkan SBMPTN.

Tambahan informasi terupdate 2016 :

11. Jangan jadikan SNMPTN Undangan sebagai CADANGAN, agar jika diterima, pastikan kamu mengambilnya. Kalau tidak diambil, maka sekolah akan mendapat pengurangan nilai index sekolah. 12. Skor jalur Undangan dinilai dari beberapa kriteria berikut : fungsi (nilai rata siswa, index sekolah di SBMPTN, indeks sekolah di UI, index sekolah di program studi, bobot matapel). 13. Jujurlah dalam menginput nilai kamu ke sistem pangkalan data karena akan ada verifikasi setelah pengumuman SNMPTN diumumkan. Info dari pembicara, banyak peserta SNMPTN yang ketika sudah diumumkan dan dia lolos, saat pendaftaran ulang ketika di cek data-datanya, banyak yang dicoret kelulusannya karena ada kecurangan. 14. Index sekolah di SBMPTN, Universitas, program studi bergantung pada alumni sekolah si peserta. Alumni sekolah akan dinilai terutama dari IPK-nya. 15. Bobot mata pelajaran bisa jadi berbeda tergantung pada program studi yang berhubungan dengan mapel tersebut. Contohnya, jika A memilih program studi Pendidikan Dokter, maka bobot mapel biologi akan lebih besar.

Sekian tips dari kami. Semoga bermanfaat 🙂

#SemangatMasukUI #SemangatMasukPTN #BimbelMasukUI #BimbelTerbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *