Tingkat Keketatan Program Studi di UI

Posted on Posted in Uncategorized

Kami mendapatkan informasi dari panitia SIMAK UI dan SBMPTN bahwa dalam menentukan urutan program studi, sebaiknya memilih berdasarkan tingkat keketatan program studi. Semakin kecil presentase keketatan program studi maka persaingannya semakin ketat alias semakin susah. Tingkat keketatan program studi ditentukan berdasarkan perbandingan jumlah peminat dengan daya tampung program studi tersebut.

Berikut data tingkat keketatan program studi di Universitas Indonesia, data tahun 2015.

A. RUMPUN ILMU KESEHATAN

Rik(sumber: Galih Pandekar M.S.M, Quality Asurance FEB UI)

 

B. RUMPUN ILMU SAINS DAN TEKNOLOGI

Saintek(sumber: Galih Pandekar M.S.M, Quality Asurance FEB UI)

 

C. RUMPUN ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA

Soshum(sumber: Galih Pandekar M.S.M, Quality Asurance FEB UI)

 

Misalkan jika kamu anak IPS ingin memilih 3 program studi, yaitu Ilmu Hukum 3.98%, Ilmu Politik 5.22%, dan Ilmu Hubungan Internasional 1.43%. Urutan yang benar adalah 1. Ilmu Hubungan Internasional 2. Ilmu Hukum 3. Ilmu Politik. Itu yang benar. Tapi jika kamu salah menentukan urutannya yang tingkat keketatannya lebih ketat kamu taruh di pilihan bawah, misalkan 1. Ilmu Politik 2. Ilmu Hukum 3. Ilmu Hubungan Internasional, maka jika nilai kamu tidak tembus di pilihan pertama (yaitu Ilmu Politik) otomatis nilai kamu juga tidak akan tembus di Ilmu Hukum maupun Ilmu Hubungan Internasional, dengan kata lain “sama aja kamu ngga milih pilihan ke 2 dan ke 3”.

Jadi untuk masuk UI atau masuk PTN lain juga perlu strategi dalam memilih program studi, jangan asal-asalan. Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai Info Kampus PTN.

Sekian dari kami semoga bermanfaat…

(FDL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *