Time Schedule dan Alur Global Success Program

Global Success Program merupakan paket atau kombinasi dari program persiapan masuk PTN Favorit di Indonesia dan program persiapan masuk University di Jerman/Prancis. Program ini disusun dengan sistem karantina (supercamp) agar peserta menjadi lebih fokus dan efektif. Dan juga program ini disusun dengan jangka waktu yang panjang dengan alur sebagai berikut.

 

Timeline GSP
Timeline dan Alur Global Success Program

 

ALUR GLOBAL SUCCESS PROGRAM

1. Persiapan Masuk PTN Dalam Negeri. Waktu ini merupakan awal mula peserta akan dibimbing untuk persiapan menghadapi ujian tulis masuk PTN Favorit, yaitu ujian SBMPTN, SIMAK UI, dan ujian mandiri lainnya. Tapi tidak hanya itu, disamping mempersiapkan materi untuk ujian PTN, peserta akan mendapat tambahan kursus bahasa tingkat dasar. Program akan dilaksanakan dengan sistem karantina di Hotel Santika/Bumi Wiyata, Depok. Waktu pelaksanaan program selama kurang lebih 2 bulan, bulan April – Juni 2015.

2. Program Bahasa Dasar. Jika peserta lolos PTN dalam negeri, maka peserta tidak wajib untuk meneruskan program persiapan untuk masuk Universitas di Jerman/Prancis. Dan akan ada pengembalian uang tentunya. Jika peserta tidak lolos PTN, maka peserta akan dipersiapkan untuk ujian masuk Universitas di Jerman/Prancis. Langkah pertama yang dilakukan adalah program bahasa dasar. Yaitu, program untuk melancarkan bahasa Jerman dan Prancis. Program ini dilaksanakan di Asrama Exzellenz Institut, di Pesona Depok Estate, Blok AT-6. Program dilaksanakan selama bulan Juli – Desember 2015.

3. Berangkat ke Jerman dan Ujian Masuk StudienKolleg. Setelah mempersiapkan program bahasa, pada bulan Januari 2016 peserta akan berangkat ke Jerman dan mengikuti ujian masuk StudienKolleg (Aufnahmeprüfung). Apa itu StudienKolleg? StudienKolleg merupakan pendidikan persamaan bagi orang asing yang ingin kuliah di Jerman dan menjadi salah satu syarat untuk calon mahasiswa asing yang ingin masuk Universitas di Jerman. Setelah mengikuti Aufnahmeprüfung, peserta akan mengikuti StudienKolleg di Jerman.

4. StudienKolleg dan Kursus Bahasa Tingkat Lanjut. Peserta akan mengikuti StudienKolleg dan kursus bahasa tingkat lanjut selama 2 semester di bulan Februari sampai November 2016 di salah satu lembaga resmi di Jerman. Setelah melewati StudienKolleg selama 2 semester, peserta akan mengikuti Festellungsprüfung. Festellungsprüfung merupakan ujian untuk mendapatkan sertifikat/ijazah resmi (Zeugnis) dari StudienKolleg. Ijazah tersebut nantinya akan digunakan peserta untuk mendaftarkan diri ke Universitas di Jerman. 

5. Masuk Universitas di Jerman. Setelah peserta mendapat ijazah, maka peserta bisa mendaftar ke Universitas di Jerman sesuai dengan jurusan yang diambil sewaktu di StudienKolleg. Setelah semua persyaratan terpenuhi, maka peserta akan resmi menjadi mahasiswa Universitas di Jerman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *