Sumpah Pemuda : Lahirnya Sebuah Bangsa dan Bahasa Persatuan

Posted on Posted in Uncategorized
[dropcap style=”simple”]T[/dropcap]anggal 17 Agustus 1945 adalah tanggal yang selalu diingat bangsa Indonesia sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia. Namun sadarkah teman-teman, bahwa meskipun Republik Indonesia secara resmi berdiri pada tahun 1945, tetapi Indonesia sebagai sebuah bangsa sudah lahir terlebih dahulu sebelum kemerdekaannya. Ya, negara Indonesia memang lahir pada tanggal 17 Agustus 1945, akan tetapi bangsa Indonesia sudah terbentuk lebih dahulu pada tahun 1928, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928. Peristiwa lahirnya bangsa Indonesia dikenal dengan peristiwa Sumpah Pemuda.

Bangsa adalah sekelompok manusia yang memiliki kesamaan baik itu kesamaan bentuk fisik, agama, budaya, sejarah, dll. Bangsa Indonesia terbentuk karena adanya perasaan senasib sepenanggungan sebagai sekelompok manusia yang dijajah oleh berbagai kepentingan asing. Isi  Sumpah pemuda  sendiri adalah sebagai berikut (dalam ejaan aslinya):

Pertama
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah pemuda merupakan salah satu tonggak bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Adanya sumpah pemuda memberikan semangat persatuan terhadap seluruh elemen pejuang kemerdekaan. Perasaan satu bangsa muncul di antara berbagai suku dan agama di nusantara. Adanya perasaan kebangsaan yang sama ini akan memberi api dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dari kekuasaan asing.

Peran lain sumpah pemuda adalah munculnya semangat untuk menggunakan bahasa pemersatu sebagai identitas bangsa. Bahasa pemersatu dirasakan sangat penting keberadaannya karena nusantara terdiri dari berbagai suku yang memiliki bahasa sendiri-sendiri. Jika masing-masing suku tetap mengunakan bahasanya sendiri-sendiri maka semangat persatuan akan sulit tercapai.

Pelajaran penting dari peristiwa sumpah pemuda adalah semangat untuk tidak mengedepankan kepentingan sendiri di antara para pemuda aktivis kemerdekaan. Bila dilihat dari demografi saat itu maka suku terbesar di nusantara adalah suku Jawa dan suku Sunda, namun kedua suku tersebut tidak memaksakan penggunaan bahasa Jawa atau bahasa Sunda sebagai bahasa persatuan. Bahasa persatuan lebih condong menggunakan bahasa Melayu yang digunakan penduduk Sumatra sebagai pondasi bahasa Indonesia. Padahal jumlah penduduk suku-suku di Sumatra lebih sedikit daripada suku Jawa dan Sunda. Para pemuda lebih mengedepankan kebersamaan dan persatuan bangsa daripada kepentingan golongan. Itulah sebabnya peristiwa sumpah pemuda adalah momen persatuan yang penting di antara suku-suku di Indonesia. Peristiwa ini mengingatkan kita sebagai generasi penerus bahwa persatuan bangsa adalah hal yang sangat penting dalam kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Seperti kita ketahui di era globalisasi ini, di masa batas-batas antar negara menjadi semakin kabur, dan hubungan ekonomi antar negara juga semakin erat, maka banyak bangsa-bangsa lain yang memiliki kepentingan terhadap hasil bumi Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan kekuatan asing untuk memperoleh hasil bumi Indonesia adalah dengan membuat perpecahan di kalangan bangsa Indonesia, sebab bila NKRI terpecah maka akan sangat mudah bagi bangsa-bangsa lain untuk mendapakan keinginannya tersebut. Semangat sumpah pemuda akan mengingatkan kembali tentang persatuan bangsa Indonesia, persatuan yang bahkan lebih dulu lahir daripada negara Indonesia itu sendiri. Para pendiri bangsa sudah menyadari bahwa Indonesia harus bersatu untuk menghadapi berbagai permasalahan yang muncul.

Sebagai pemuda yang cinta tanah air, mari kita jaga dan tingkatkan semangat para pahlawan kita, semangat persatuan tanah air kita. Dan yang paling penting, mari kita instrospeksi diri kita. Sudah baik kah diri kita? Apa yang telah kita lakukan untuk tanah air kita sebagai pemuda? Pemuda Indonesia harus pintar, cerdas dan berprestasi dalam bidangnya masing-masing.  (GLP)

Pemuda Indonesia Pemuda Cerdas Pemuda Berprestasi

Bimbel Lavender Bimbel Masuk UI Bimbel Masuk PTN Bimbel Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *