MAN INSAN CENDIKIA – Sonic Lingustic 2014 Day 1 & 2

Posted on Posted in Berita Lavender
Tulisan ini merupakan repost dari Blog Sonic Lingustic 2014

Hai, para Sonlis Warriors dimanapun kalian membaca blog ini! Senang sekali bisa kembali menyapa kawan-kawan setelah hari ke-1 dan 2 sukses dilewati dengan tantangan yang bermacam-macam. Sekarang, mimin mau cerita nih, jadi pastikan para Warriors duduk manis di tempat masing-masing dan menjaga jarak pandang dengan laptop agar mata tidak rusak J

Di hari 1, Sonlis 2014 diawali dengan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa (re: Hujan) yang begitu besarnya. Namun, semangat panitia yang membara tidak padam, bahkan mereka segera berinisiatif untuk memanggil “Pawang Hujan Sementara” alias ojek payung yang berkeliaran dimana-mana. Tentu saja, destinasi awal para peserta adalah Gedung Serba Guna yang didalamnya telah disiapkan sejumlah kejutan panitia yang dikemas secara apik dalam sebuah “Opening Ceremony”.

OC (singkatan dari Opening Ceremony) Sonlis 2014 diawali dengan Opening Video yang menceritakan hubungan 4 ras selain manusia dengan manusia itu sendiri di masa lalu, yang kemudian dihubungkan dengan kehidupan manusia yang serba keras di masa kini. Kemudian, acara dilanjutkan dengan sambutan yang tak habis-habisnya menyertakan kata ‘selamat’ oleh berbagai macam pihak, termasuk diantaranya Ketua Acara, Gilang Al Ghifari Lukman; Kepala Sekolah MAN Insan Cendekia Serpong, Bapak Suwardi M.Pd; dan beberapa petinggi kementerian agama yang tidak dapat mimin sebutkan namanya satu persatu.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan yang aneh bin ajaib berupa penuangan 4 cairan berbeda warna ke dalam sebuah tabung kaca oleh para petinggi yang memberi sambutan tadi, yang kemudian ditutup oleh kain hitam dan ‘ceritanya’ ditransfer ke sebuah panah yang kemudian dilepaskan oleh Virdi Chaerusani, top archerInsan Cendekia, ke sebuah target di atas tribun berupa balon. Dengan sekali pemanasan, sekali latihan, dan sekali hajar, panah berhasil memecah balon tersebut dan diiringi tepuk tangan penonton. Adapun campuran 4 warna tadi benar-benar habis dari tabungnya.

Parade yang tak kalah menariknya pun disajikan dengan konsep ‘Man in Action’ , yaitu beberapa adegan parade diperagakan oleh seseorang yang senantiasa berdiri di atas panggung selama sesi parade berlangsung. 22 lomba disajikan dalam parade ini dengan mengundang gelak tawa penonton pada beberapa adegan. Selepas parade, 4 dancers IC yang memiliki spesialisasi di 4 aliran dance yang berbeda turut memeriahkan OC ini, seperti shuffle dance, B-Boy, K-Pop, dan Robotic, yang masing-masing memiliki daya tarik yang berbeda.

OC pun selesai. Dan… SONIC LINGUISTIC 2014 RESMI DIMULAI!!! Pertarungan terjadi dimana-mana, meski hujan tak kunjung reda. Mini Soccer yang mengundang intelektual fisik tetap diadakan meski harus berbasah ria. Lomba-lomba lain, seperti Debate yang tiap tahunnya pasti diadakan dengan eksklusif beserta hallkhususnya, dan Spelling bee, serta lomba-lomba lainnya, diadakan serempak di gedung pendidikan MAN Insan Cendekia Serpong. Cie, yang nggak basah-basahan, lirih beberapa pemain Mini Soccer MAN Insan Cendekia yang baru saja mengalahkan musuhnya 1-0.

Namun, lomba Basket tidak dapat diadakan saat itu karena hujan benar-benar tidak berhenti meski sesaat pun hingga jam 17.30 yang tentunya membuat lapangan outdoor IC menjadi licin karena air. Panitia Basket malam harinya berdoa agar keesokan harinya tidak hujan dan pertandingan tetap dapat diadakan dengan lancar.

Keesokan harinya diperkirakan sebagai hari yang menampung peserta terbanyak dibanding 3 hari yang lain, karena sekitar 13 lomba dipertandingkan dalam ajang tahunan IC ini. Alhamdulillah, pertandingan basket yang dijadwalkan hari ini dapat berjalan dengan lancar, termasuk pertandingan tuan rumah yang dihadiri dengan meriah oleh siswa-siswi IC sendiri dan beberapa pendukung Lazuardi GIS, tim yang bermain melawan IC saat itu. Pertandingan yang amat seru tersebut dimenangkan oleh IC.

Khitobah, Story Telling, Speech Competition, Mini Soccer, English Debate, Quick and Smart, LKBB, Saman Dance, Photo Marathon, JOTS, Short Movie adalah lomba-lomba yang juga diadakan di hari kedua. Yang wow di hari kedua, nih, adalah pingsannya 6 orang pengunjung di MAN Insan Cendekia Serpong dengan latar yang bermacam-macam. “Paginya gak makan, siangnya makan yang mayonese-mayonese itu, makanya lambungnya gak tahan,” ujar Pak Kris Djuli Wahono selaku guru olahraga IC yang mengikuti perkembangan berita WOW tersebut.

Ngomong-ngomong tentang mayonese, Sonlis juga punya bazar yang didominasi oleh bendera-bendera kecilnya yang berwarna, Biru, Pink, Hijau, dan Oren sebagai 4 warna icon Sonlis 2014. Makanannya pun bermacam-macam, seperti takoyaki, bento, ketoprak, serta beberapa stan non makanan seperti bazar merchandise Sonlis 2014 dan stan tentang kebudayaan Rusia hasil request dari Ketua Acara yang memang sangat menyukai Rusia. Oh ya, siswa-siswi IC juga punya bazar, lho, seperti bazar Aurora yang nantinya uangnya akan digunakan sebagai dana acara perpisahan kelas 3. So sweet :’), dalam acara ini juga Bimbe Lavender juga memberikan voucher beasiswa kepada seluruh pemenang Sonic Linguistic 2014.