Selamat Datang 12 PTN Baru

Posted on Posted in Uncategorized

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, rangkaian HUT ke-69 TNI dilengkapi dengan diresmikannya 12 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baru di seluruh Indonesia. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan 12 PTN baru ini di Gedung Nala, Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Mako Amartim), Surabaya, Senin (6/10).

Dalam penandatanganan peresmian itu, Presiden SBY didampingi Mendikbud M Nuh, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Menko Polhukam Djoko Suyanto dan beberapa menteri lainnya.

Berikut 12 Perguruan Tinggi Negeri yang baru diresmikan Presiden SBY:

1. Universitas Timor
2. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
3. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
4. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
5. Institut Teknologi Sumatera
6. Institut Teknologi Kalimantan
7. Institut Seni dan Budaya Indonesia Tanah Papua
8. Institut Seni dan Budaya Indonesia Aceh
9. Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung
10. Universitas Singaperbangsa
11. Politeknik Negeri Cilacap
12. Politeknik Negeri Indramayu

Peresmian 12 perguruan tinggi negeri ini adalah bagian dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan (MP3EI) untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pendidikan tinggi, sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan sendiri.

Sepanjang 2009 hingga 2014, sebanyak 36 PTN baru telah didirikan. Pembangunan PTN baru dan penegerian selain didasarkan oleh keinginan untuk menciptakan akses dan peningkatan kualitas pendidikan yang relevan, menurut Mendikbud juga ditujukan sebagai perekat sekaligus memperkuat persatuan NKRI, “Pendirian Perguruan Tinggi Negeri baru khususnya yang berada di perbatasan dan daerah terdepan dan terluar merupakan sebuah sabuk pengaman sosial budaya Indonesia,” ungkap Mendikbud.

Pada akhir laporannya, Mendikbud menyampaikan bahwa pendirian PTN baru dan penegerian ini merupakan pengembangan pendidikan tinggi Indonesia ke arah yang lebih baik. “Semenjak Indonesia merdeka kita hanya memiliki dua institut teknologi, yaitu Institut Teknologi Bandung yang didirikan oleh Belanda dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang diresmikan oleh Presiden Soekarno dan hari ini kita memiliki dua institut teknologi baru yaitu Institut Teknologi Sumatera dan Institut Teknologi Kalimantan” pungkas Mendikbud.

 

(sumber: dikti.go.id, merdeka.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *