Uncategorized

Perbedaan S1 Reguler UI, S1 Paralel UI, S1 KKI (Kelas Internasional) UI, Vokasi D3 UI dan S1 Ekstensi UI 2017


 

Halo the next mahasiswa indonesia. Amin. hehehe

 

Kali ini bimbel lavender yang merupakan bimbel masuk UI dan PTN paling kece sejagad raya akan membahas tentang perbedaan antara program Reguler, parallel, KKI (kelas Internasional), Vokasi D3 dan program ekstensi di UNIVERSITAS INDONESIA.

 

JALUR MASUK

Pertama mari kita kenali jalur masuk ke setiap program baik itu regular, parallel, KKI vokasi maupun ekstensi. Secara garis besar UI membuka 2 jenis jalur penerimaan mahasiswa yakni jalur undangan (tanpa ujian tulis, berdasarkan nilai rapor dan penilaian lain) dan jalur ujian tulis. Untuk jalur undangan UI terdiri dari SNMPTN, PPKB, dan talent scouting. Sedangkan untuk jalur tulis UI memiliki SBMPTN, SIMAK UI, SIMAK KKI, dan SIMAK UI Khusus kelas Ekstensi.

Untuk jalur masuk program regular, bias ditempuh melalui jalur SNMPTN yang kuotanya 30% dan SBMPTN yang kuotanya 70%. Untuk program paralel ui membuka jalur PPKB dan SIMAK UI yang kuotanya sama-sama 50%. Sama halnya dengan pralel untuk vokasi D3 UI bias ditempuh lewat jalur PPKB dan SIMAK UI dengan kuota 50%-50%. Sedangkan untuk program Kelas Internasional atau KKI teman-teman bias mendaftarkan diri di jalur talent scouting dan SIMAK UI KKI yang kuotanya 40% untuk talent scouting dan 60% untuk SIMAK UI KKI. Yang terakhir program S1 ekstensi hanya dapat ditempuh lewat jalur SIMAK UI Ekstensi.

 

SYARAT MASUK

Syarat masuk S1 Reguler UI adalah lulusan SMA/sederajat dengan usia ijazah maksimal 3 tahun pada masa pendaftaran. Sedangkan untuk S1 paralel syaratnya adalah lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijazah. Selanjutnya untuk kelas internasional syaratnya adalah lulusan SMA/sederajat dengan usia ijazah maksimal 5 tahun dan memiliki ertifikat TOEFL PBT/ITP dengan skor minimal 500 atau iBT dengan skor minimal 61 atau CBT dengan skor minimal 173 atau IELTS dengan skor minimal 5.5. Lalu untuk program Vokasi D3 syaratmasuknya adalah lulusan SMA/sederajat tanpa batasan usia ijazah. Yang terakhir program S1 ekstensi syaratnya adalah Lulusan D3, D4 atau S1 dengan jumlah SKS lulus minimal 72 SKS.

 

DURASI KULIAH

Durasi kuliah merupakan lamanya teman teman mengikuti perkuliahan atau waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan gelar dari Universitas Indonesia. Untuk program s1 reguler dibutuhkan waktu minimal 3,5 tahun atau 7 semester dan maksimal  6 tahun atau 12 semester. Sama halnya dengan regular  untuk S1 paralel juga memiliki durasi 3,5 sampai 6 tahun. Sedangkan untuk kelas internasional ada dua programyang bias dipilih yaitu single degree dan double degree. Untuk double degree durasi kuliahnya 2 tahun di UI dan 2 tahun di universitas mitra UI di luar negeri. Sedangkan untuk single degree sama dengan s1 paralel dan regular yaitu 3,5-6 tahun. Untu program vokasi D3 durasi kuliah yang ditempuh adalah 3 tahun atau 6 smester. Sedangkan untuk S1 ekstensi  durasi kuliah paling cepat adalah 2,5 tahun dan selambat- lambatnya 4,5 tahun.

 

WAKTU/JAM KULIAH DAN BAHASA PENGANTAR

Waktu/Jam kuliah normal untuk program s1 reguler adalah dari pagi sampai sore dengan pengantar bahasa Indonesia. Sama dengan s1 regular, S1 paralel pun waktu / jam kuliahnya berkisar dari pagi sampai sore hari dengan pengantar bahasa Indonesia. Sedangkan untuk program kelas internasonal waktu/jam perkuliahan di mulai pagi sampai sore hari dengan bahasa pengantar bahasa inggris. Untuk program vokasi d3 waktu perkuliahan dimulai dari pagi sampai malam hari dengan pengantar bahasa Indonesia. Dan terakhir untuk program s1 ekstensi kuliah berjalan dari sore sampai malam hari.

 

BIAYA YANG HARUS DIBAYARKAN

Untuk S1 reguler, biaya yang harus dibayarkan hanya biaya operasional pendidikan (BOP) yang dibayarkan setiap semesternya. Sedangkan untuk S1 paralel Vokasi D3 dan S1 Ekstensi biaya yang harus dibayarkan terdiri dari Biaya Operasinoal Pendiaikan (BOP yang dibayarkan setiap semester beserta dana pengembangan (DP) yang dibayarkan hanya pada saat pertama diterima. Untuk kelas internasional biaya yang harus dibayarkan terdiri dari Tuition fee (TF) yang cibayarkan setiap semester dan Admissin fee (AF) yang dibayarkan hanya pada saat pertama kali diterima.

 

Lebih jelasnya tim bimbel lavender telah membuat table perbedaan S1 reguler UI, s1 paralel UI, S1 KKI UI, Vokasi D3 UI dan S1 ekstensi UI  sebagai berikut:

 

Sekian informasi yang bisa disampaikan oleh bimbel lavender bimbel masuk UI dan PTN paling kece sejagad raya. Hehehe

Semoga bermanfaat. Untuk kalian yang mau LULUS UI bisa mengikuti program kami yang terbukti sangat jitu meluluskan siswa ke Universitas Indonesia dan PTN Favorit di Indonesia.

[Salman]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *