Blog

Mencicil Kesuksesan

Banyak siswa zaman sekarang senang dengan segala sesuatu yang instan. Apakah mungkin terbiasa mengkonsumsi produk-produk instan? Para remaja senang mendapatkan sesuatu secara cepat. Cari makanan tinggal klik makanan sampai, mau naik pesawat terbang tinggal klik tiket pesawat terbeli siap terbang, pun demikian dengan kesuksesan, mau sukses tinggal klik maka bisa langsung sukses. Namun benarkah demikian?

Sayangnya kesuksesan tidak berlaku cara-cara instan. Apapun definisi kesuksesan yang teman-teman inginkan, kesuksesan tidak bisa datang secara instan. Anda ingin jadi orang yang banyak ilmu (sukses secara akademis) atau anda ingin jadi orang kaya harta (sukses secara materi) atau anda ingin menjadi orang memiliki badan yang “six pack” (sukses secara jasmani) atau bahkan anda ingin masuk surga (sukses akhirat), semua definisi sukses tersebut tidaklah datang secara instan. Kesuksesan selalu dicapai dengan jalan panjang. Namun bila membayangkan jalan panjang menuju kesuksesan sepertinya bukan hal yang menyenangkan di era digital, yang segala sesuatunya serba cepat ini. Jika anda memandangnya demikian maka perjalanan menuju kesuksesan akan terasa berat. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan agar tidak terlalu berat? Bimbel Lavender punya jawabannya.

Agar dapat mencapai kesuksesan maka ada satu kata yang meringankannya yaitu “Mencicil”. Ya, mencicilnya. Kesuksesan bisa diperoleh dengan mencicilnya dari sekarang. Anda ingin menjadi ahli dagang, maka mulailah dengan berdagang secara kecil-kecilan. Anda ingin membaca buku Harry Potter, maka mulailah dengan membaca 1 bab setiap harinya. Anda ingin memiliki badan yang “six pack”, maka mulailah berlatih angkat beban setiap hari.

Demikian pula bila kesuksesan anda adalah bisa kuliah di UI atau UGM maka anda bisa mencicilnya dengan berlatih menjawab 10 soal setiap harinya. Apabila anda konsisten mengerjakan 10 soal setiap hari maka dalam 1 bulan anda sudah menjawab 300 soal, dalam 2 bulan anda sudah menjawab 600 soal, dan seterusnya. Manakah yang lebih mudah efektif dikerjakan jika ingin menjawab 600 soal ujian? Mengerjakan 10 soal per hari selama 60 hari atau mengerjakan 600 soal dalam satu hari? Tentu opsi yang pertama lebih mudah bukan. Inilah yang kami namakan dengan mencicil kesuksesan. Bimbel Lavender sebagai sarana siswa untuk bisa masuk UI atau masuk UGM selalu mengajarkan untuk mengerjakan hal-hal yang sedikit tapi konsisten dilakukan.
Ordinary Things, Consistently Done, Extraordinary Results

(Hal-hal biasa yang konsisten dikerjakan akan memberikan hasil yang LUAR BIASA)

[GAL]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *