Bimbel Masuk UI

Posted on Posted in Uncategorized

Bimbel Masuk UI, ya itulah “citra yang melekat” dan sering dialamatkan kepada kami Bimbel Lavender. Padahal sebenarnya tidak tepat seperti itu. Bimbel Lavender sebetulnya bimbingan belajar untuk masuk PTN-PTN di Indonesia, tidak hanya masuk UI. Murid-murid ‘padepokan’ Lavender tidak hanya di lulus UI kok. Ada yang diterima di ITB, UGM, UNDIP, IPB, UNAIR, dll, tapi mayoritas memang diterima di UI sih (hi..hi..hi..). Kenapa ya? Nah itulah yang akan kami jelaskan. Tulisan berikut mungkin bisa menjelaskan kenapa Bimbel Lavender sering dianggap Bimbel masuk UI.

Murid-murid Lavender banyak diterima di UI mungkin karena ‘aura ke-UI-an nya sangat terasa’ (apa coba). Ya memang tidak dapat dipungkiri sih karena memang pengajar-pengajar dan staf-staf mayoritas warga UI, ada yang masih mahasiswa UI, ada yang alumni UI, bahkan ada yang berstatus Dosen UI juga mengajar. Dosen UI ikut mengajar? Benarkah? Ya, benar. Beberapa pengajar Lavender memang berstatus Dosen UI. Bahkan karena itulah Lavender sering “dicitrakan” bimbel resmi (miliknya) UI. Waduuh! Padahal kami tidak pernah bermaksud seperti itu.

Bimbel Lavender sering disangka bimbel miliknya UI alias bimbel UI atau milik bersama ikatan dosen UI. Padahal tidak demikian. FYI ya, UI TIDAK pernah mengadakan kegiatan bimbingan belajar atau bekerja sama dengan bimbingan belajar manapun, dalam persiapan seleksi masuk PTN lewat jalur apapun. Bimbel Lavender dari namanya saja tidak ada unsur UI-UInya, seperti akronim singkatan yang mirip yang identik dengan UI seperti UI, Salemba, Makara, dll. Kemudian nama domain web-nya lavender juga tidak ada unsur UI-nya, warna brand kami juga tidak pakai warna yang bernuansa UI (warna brand Lavender dominan ungu dan putih sedangkan UI dominan kuning), Lavender juga tidak memiliki logo yang mirip-mirip logo UI (makara UI). Semua hal di atas sudah kami upayakan untuk tidak ‘mendompleng’ nama besar UI, tetapi toh masih saja disangka bermacam-macam.

Bimbel Lavender didirikan oleh seorang Dosen UI ya memang benar. Tetapi pak Dosen pendiri Bimbel Lavender sangat paham bahwa brand sangatlah penting. Oleh sebab itulah Bimbel Lavender selalu berinovasi untuk menguatkan brand pribadinya tanpa mendompleng kebesaran sebuah institusi seperti UI. Sebagai warga UI maka wajar saja pendiri Bimbel Lavender senantiasa mengajak siswa-siswinya untuk belajar di UI. Ibaratnya karena banyak alumni dan staf pengajar bimbel Lavender yang sudah berada di “taman yang indah” dengan masuk UI, maka secara alamiah segenap warga bimbel lavender dengan gegap gempita mengajak siswa-siswinya untuk bisa kuliah di UI. Itulah sebabnya murid-murid “padepokan” Lavender banyak yang diterima di UI, dan bimbel Lavender jadinya dibilang bimbel untuk masuk UI. Padahal bimbel masuk UI secara istilah umum, bisa dilakukan oleh bimbel lain tidak hanya bimbel Lavender.  (GP)

2 thoughts on “Bimbel Masuk UI

  1. Apakah Lavender menyelenggarakan “Bimbel” untuk program persiapan ujian masuk pasca sarjana TI dan Management, mohon penjelasan Bapak. Bila ada, dimana tempatnya. Terima kasih.

    1. Iya ada. Ujian Pasca sarjana UI kan dilaksanakan 3 kali (3 gelombang), yaitu sekitar bulan November, Maret, Juli. Kami akan mengadakan program persiapannya 1 bulan sebelum itu. Pak Sam mau ikut yang bulan apa? Tempatnya di Kantor kami, Perkantoran Taman Melati Lantai 5, Jl. Margonda Raya Depok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *