10 PTN terbaik di Indonesia

Posted on Posted in Uncategorized

TEMPO.COJakarta – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi membuat daftar peringkat nasional perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Pemeringkatan oleh tim independen dari Kementerian ini dilakukan berdasarkan penilaian akademis maupun administrasi kampus.

“Tidak ada intervensi dari tim,” kata Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo di kantornya, Rabu, 17 Agustus 2016.

Patdono menjelaskan, kriteria akademis dilihat berdasarkan prestasi dosen dan mahasiswa. Termasuk, kata dia, jumlah dosen yang mengajar di kampus serta rekam jejak para dosen tersebut. Tim dari Pendidikan Tinggi juga merujuk hasil penilaian mutu dosen.

Penilaian administrasi dilihat dari laporan keuangan perguruan tinggi. Tata kelola keuangan dalam 3 tahun terakhir masuk poin penting penilaian. Perguruan tinggi harus mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian.

Patdono mengatakan pihaknya akan mendorong sepuluh perguruan tinggi yang masuk peringkat untuk menuju perguruan tinggi kelas dunia. Institut Teknologi Bandung,  Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Indonesia (UI) menjadi tiga perguruan tinggi dengan peringkat teratas berdasarkan hasil penilaian tim.

Universitas Indonesia menggeser posisi yang pada tahun lalu ditempati Institut Pertanian Bogor. Sedangkan IPB turun satu peringkat. Berikut ini sepuluh besar peringkat perguruan tinggi versi Kementerian Pendidikan Tinggi.

1. Institut Teknologi Bandung nilai 3,78
2. Universitas Gadjah Mada nilai 3,72
3. Universitas Indonesia nilai 3,69
4. Institute Pertanian Bogor nilai 3,54
5. Universitas Brawijaya nilai 3,24
6. Institut Teknologi Sepuluh November nilai 3,17
7. Universitas Airlangga nilai 3,15
8. Universitas Hasanuddin nilai 3,06
9. Universitas Diponegoro nilai 3,04
10. Universitas Padjadjaran nilai 2,97

 

Sumber : Tempo.Co, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *